NEWS UPDATE :  

Berita

Ketua K3MI Kabupaten Paser, Membuka Kegiatan Penulisan Kisi-kisi Asesmen Madrasah

Paser( Madrasah), Sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan, Kementerian Agama Kabupaten Paser melalui Seksi Pendidikan Madrasah bekerja sama dengan Kelompok Kerja Kepala Madrasah ( K3M ) telah melaksanakan kegiatan penulisan kisi-kisi soal dalam rangka persiapan pelaksanaan asesmen madrasah. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa evaluasi yang dilakukan sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan serta memberikan gambaran yang akurat tentang pencapaian siswa. Kegiatan ini dilaksankan pada Senin 4 Maret 2024 bertempat di MI Trubus Iman, Kegiatan ini dibuka oleh Ketua kelompok Kerja Kepala Madrasah di Kabupaten Paser.

            MI Negeri 1 Paser dalam kegiatan ini mengirimkan 9 orang perwakilan guru yang tergabung dalam tim penulisan kisi-kisi soal Asesmen Madrasah Tahun 2024, Adapun guru-guru tersebut adalah:

1.       Sudarto, S.Pd   : Tim penulis Kisi-kisi Mata Pelajaran IPA

2.       Dzakirul Husni, S.Pd    : Tim penulis Kisi-kisi Mata Pelajaran Matematika

3.       Dra Sabaniah    : Tim penulis Kisi-kisi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

4.       Nurul Fajriati, S.Pd.I : Maple Bahasa Arab

5.       Mirna Aryani, S.Pd.I     : Mapel Fiqih

6.       Sapriah, S.Pd.I : Mapel SKI

7.       Normaniah, S.Ag          : Mapel Akidah Akhlak

8.       Sukranuddin, S.Ag       : Mapel Qur’an Hadist

            Landasan kegiatan ini adalah  Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 723 tahun 2024 tentang Prosedur Operasional  Penyelenggaraan Asesmen Madrasah.Kegiatan penyusunan kisi-kisi ini terlebih dulu diawali oleh sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah pada tanggal 28 Februari 2024.

            Bapak Fajriannor, Ketua K3MI  Kabupaten Paser, menyampaikan pentingnya kegiatan ini dalam memastikan evaluasi yang dilakukan dapat memberikan gambaran yang akurat tentang pemahaman dan pencapaian siswa. "Penulisan kisi-kisi soal merupakan langkah awal yang krusial dalam menyusun Asesmen Madrasah yang berkualitas. Dengan memiliki kisi-kisi soal yang jelas, kita dapat memastikan bahwa Asesmen Madrasah yang diselenggarakan adil dan sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan," ungkapnya.

            Para guru madrasah yang hadir juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Ibu Dian Septivani, seorang guru Bahasa Indonesia di salah satu madrasah, menyatakan bahwa kegiatan penulisan kisi-kisi soal ini membantu mereka untuk memfokuskan pembelajaran pada materi yang relevan dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. "Dengan adanya kisi-kisi soal, kami dapat lebih terarah dalam merancang materi pembelajaran dan memberikan persiapan yang lebih baik kepada siswa dalam menghadapi ujian," katanya.

Kegiatan Pembuatan Kisi-kisi Soal untuk Asemen Madrasah ini meliputi seluruh Mapel yang akan di Asesmen kan Pada Tahun Pembelajaran 2023/2024. Adapun, Maksud dan Tujuan dari Penulisan Kisi-Kisi Soal ini adalah untuk  memberikan pedoman dan kerangka kerja kepada para pengajar, pengembang kurikulum, dan penyusun tes dalam merancang soal-soal ujian atau evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran,” Arahan Ketua K3M dalam sesi Pembukaan”

            Untuk Mata Pelajaran Agama yang meliputi, Qur’an Hadist, Akidah Akhlak, Fiqih, SKI, dan Bahasa Arab menggunakan Kisi-kisi yang sudah diterbitkan Oleh kemenag Pusat, sedangkan Mata Pelajaran Umum, yang terdiri atas, Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia adalah bidang Mapel yang menjadi pilihan oleh K3M dalam Penulisan Kisi-kisi Soal.

            Tim penulis Kisi-kisi soal terdiri dari perwakilan guru-guru dari MI se kabupaten Paser, di mana setiap madrasah di wakili oleh 2 orang guru, sedangkan teknis penulisannnya dibagi menjadi kelompok tiap mapelnya.

            Setelah beberapa jam proses diskusi dan kolaborasi, tim penulis kisi-kisi soal berhasil menyelesaikan penulisan kisi-kisi soal untuk berbagai mata pelajaran dan tingkatan di madrasah. Kegiatan ini diakhiri dengan semangat tinggi dari seluruh peserta, yang siap melanjutkan proses penyusunan asesmen madrasah berdasarkan kisi-kisi soal yang telah disepakati.

Dengan demikian, kegiatan penulisan kisi-kisi soal ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang penting dalam meningkatkan kualitas evaluasi pendidikan di Kabupaten Paser. Kementerian Agama berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi proses peningkatan mutu pendidikan melalui berbagai inisiatif yang relevan. ( dz)